Sukses

Puluhan Tahun Berpisah, Warga Korea Kembali Bertemu

Setelah terpisah lebih dari lima dasawarsa, puluhan warga Korea Selatan bertemu dengan sanak keluarga mereka di Kumgang, Korea Utara. Pertemuan itu diprakarsai oleh organisasi palang merah kedua negara.

Liputan6.com, Kumgang: Setelah terpisah lebih dari 50 tahun, puluhan warga Korea Selatan kembali bersua dan melepas rindu dengan sanak keluarga mereka di Kumgang, Korea Utara, belum lama ini. Sebelumnya, mereka berpisah sejak Perang Korea meletus pada tahun 1950-1953.

Pertemuan itu terlaksana berkat prakarsa yang dilakukan oleh organisasi palang merah dari kedua negara. Acara yang disebut sebagai reuni keluarga itu diselenggarakan di sebuah tempat wisata yang terletak di kaki Gunung Kumgang. Ini merupakan pertemuan ke-11 yang difasilitasi oleh palang merah. Pertemuan ini sempat tertunda sejak Juli tahun silam.

Selain ke-99 orang tersebut, masih ada 400 warga Korsel yang akan menyusul pada pertemuan Senin mendatang. Hingga saat ini, tercatat sebanyak 10 ribu warga yang telah mendaftar dalam acara reuni keluarga yang setiap tahun digelar selama tiga hari.

Program pertemuan keluarga-keluarga Korea yang terpisah ini kembali dihidupkan seiring dengan menghangatnya hubungan Korut dan Korsel. Program ini sempat gagal pada pertengahan 2004 karena Seoul menerbangkan lebih dari 400 warga Utara dari Vietnam ke Korsel.(BOG/Wir)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.