Sukses

Kapal Selam Mini Rusia Berhasil Diselamatkan

Kapal selam mini Rusia jenis AS-28 Priz berhasil diselamatkan setelah kabel serta jaring ikan yang melilit dipotong. Seluruh awak kapal nahas itu selamat setelah terperangkap selama tiga hari.

Liputan6.com, Petropavlovsk: Setelah tiga hari terperangkap di bawah laut, kapal selam mini Rusia jenis AS-28 Priz berhasil diselamatkan, Ahad (7/8). Penyelamatan berhasil dilakukan dengan memotong kabel serta jaring ikan yang melilit kapal selam tersebut. Seluruh awak kapal dilaporkan selamat.

Operasi dilakukan dengan wahana Scorpio 45, sebuah wahana bawah laut tak berawak milik Angkatan Laut Inggris yang dioperasikan dengan pengendali jarak jauh. Setelah berhasil terbebas dari jeratan kabel dan jaring ikan, kapal selam itu ditarik ke permukaan di kawasan Semenanjung Kamchatka. Sebelumnya berbagai upaya untuk menyelamatkan kapal selam mini itu menemui kegagalan [baca: Awak Kapal Selam Rusia Terjebak dalam Laut].

Keberhasilan operasi penyelamatan itu disambut gembira pemerintah Rusia. Wakil Kepala Staf Umum AL Rusia Laksamana Muda Vladimir Pepelyayev secara khusus menyampaikan terima kasih atas bantuan AL Inggris. Sementara Presiden Vladimir Putin belum mengeluarkan pernyataan apapun.

Sementara ketujuh awak kapal nahas itu selama terperangkap mengaku tak banyak bergerak untuk mempertahankan panas tubuh serta menghemat oksigen yang hingga saat terakhir tinggal tersisa untuk 10 jam. Saat ini, segenap awak berada di Petropavlovsk-Kamchatsky dan dilaporkan berada dalam kondisi sehat.(ORS/Yes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini