Sukses

Kesepakatan Damai RI-GAM Bakal Dijelaskan di DPR

Wapres Jusuf Kalla mengatakan pemerintah akan menjelaskan secara terinci materi kesepakatan damai RI-GAM dalam rapat konsultasi dengan DPR besok. Semua fraksi termasuk PDIP menerima MoU kesepakatan damai.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah optimistis penandatanganan kesepakatan damai antara Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka di Helsinki, Finlandia, 15 Agustus mendatang berjalan sesuai rencana. Materi kesepakatan akan dijelaskan secara terinci dalam rapat konsultasi dengan DPR besok. Demikian diungkapkan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla di Jakarta, Rabu (3/8).

Menurut Kalla, secara informal telah menjelaskan kesepakatan damai itu kepada sejumlah fraksi dan semua fraksi menerimanya, termasuk Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). "Kalau saya mendengarkan penjelasan dari Bu Mega [Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri], itu sangat positif sekali," kata Kalla.

Ketua DPR Agung Laksono mengatakan, malam ini DPR akan menggelar rapat dengan pimpinan fraksi untuk membicarakan berbagai hal menjelang rapat konsultasi dengan pemerintah. Agung menilai, ada beberapa bagian dalam Memorandum of Understanding (MoU) perlu dijelaskan kepada masyarakat. Agung juga menerangkan, sebelum penandatangan Mou, pemerintah memerlukan persetujuan anggota Dewan karena menyangkut perubahan undang-undang [baca: Masyarakat Aceh Mendukung Perjanjian Damai RI-GAM ].(DNP/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini