Sukses

Komunitas Jihad di Brebes Dibubarkan

Komunitas Jihad pimpinan Kasnawi dibubarkan di Brebes, Jateng, tim gabungan dari kepolisian dan instansi terkait. Pria berjuluk Kanjeng Patih Kala Janggel ini dinilai telah menyebarkan ajaran sesat.

Liputan6.com, Brebes: Tim gabungan dari kepolisian dan sejumlah instansi di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Jumat (22/7), membubarkan Komunitas Jihad pimpinan Kasnawi. Tindakan itu dilakukan saat Kasnawi bersama pengikutnya tengah menggelar ritual rutin Jumat Kliwon di dalam rumahnya di Desa Siandong, Kecamatan Larangan, Brebes. Kasnawi dan jamaah Komunitas Jihad tak melawan sehingga pembubaran berlangsung aman.

Tim gabungan menilai Kasnawi telah menyebarkan ajaran yang menyimpang dari kaidah Islam. Pria berjuluk Kanjeng Patih Kala Janggel ini mengaku sebagai satu-satunya yang memiliki otoritas untuk meneruskan ajaran Nabi Muhammad SAW [baca: Komunitas Jihad di Brebes Akan Diadukan]. Kasnawi juga mengajarkan pengikutnya untuk mengamalkan salat ba`diyah multibarokah seusai salat Jumat pada Jumat Kliwon.

Saat ini, sejumlah polisi berpakaian preman masih berjaga-jaga di kediaman Kasnawi yang juga menjadi markas Komunitas Jihad. Pejagaan ini dilakukan untuk menghindari tindakan anarkis warga setempat.(TOZ/Sugihartono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini