Sukses

Badai Menghantam Sejumlah Negara

Badai berkecepatan 17 kilometer per jam menghantam kawasan bagian timur Hualien. Terjangan badai memaksa sekolah-sekolah ditutup. Di Meksiko, badai Emily mengganggu kegiatan pariwisata di Pantai Yucatan.

Liputan6.com, Hualien: Angin topan Haitang menerjang sejumlah kawasan di bagian timur Hualien, Taiwan, Senin (18/7). Pusat badai berlokasi sekitar 40 kilometer sebelah timur laut Pantai Hualien. Menurut catatan badan pengamat cuaca setempat, kecepatan badai mencapai 17 kilometer per jam.

Akibat peristiwa ini sekolah-sekolah setempat terpaksa ditutup. Saat ini, menurut badan pengamat cuaca setempat, angin berkecepatan tinggi ini mulai menghampiri Taipei. Warga dan petugas telah bersiap-siap mengantisipasi hantaman badai itu.

Sementara itu, badai pasir melanda Provinsi Gansu, sebelah barat daya Cina. Daerah paling parah dihantam badai adalah Kota Wuwei. Jarak pandang hampir tidak ada. Menurut badan meteorologi setempat, badai ini adalah terburuk yang pernah terjadi akibat musim panas yang berkepanjangan di kawasan itu.

Badai Emily dengan kecepatan 217 kilometer per jam menghantam Semenajung Yucatan, Meksiko. Akibat ini ombak raksasa muncul menghantam Pantai Yucatan yang terkenal dengan pasir putihnya. Banyak turis terpaksa berlindung di gedung sekolah dan hotel. Badai juga membuat pasokan listrik dan jaringan telepon di kawasan pesisir Riviera Maya terputus.(JUM/Rcm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.