Sukses

Badai Dennis Menuju Florida

Meski belum sampai, dampak badai sudah dirasakan warga Negara Bagian Florida, dalam bentuk hujan deras, angin kencang serta air bah yang telah menggenangi jalan. Jaringan listrik di Florida Keys terputus.

Liputan6.com, Florida: Badai Dennis terus bergerak. Setelah Kuba, kini giliran Amerika Serikat yang menjadi sasaran badai pembawa bencana ini. Diperkirakan, badai segera menghantam Negara Bagian Florida, AS. Tanda-tanda awal seperti hujan deras, angin kencang serta air bah telah menggenangi sejumlah ruas jalan, Sabtu (9/7).

Angin Tornado berkecepatan 177 kilometer per jam juga menghantam sejumlah tempat di Florida Keys. Akibatnya, jaringan listrik di kawasan ini terputus karena robohnya sejumlah tiang. Warga berusaha memperkuat rumah-rumah mereka agar tidak tersapu angin. Sementara pemerintah setempat telah mengevakuasi lebih dari satu juta warga yang bermukim di wilayah Florida Panhandle ke Negara Bagian Louisiana.

Badan meteorologi setempat memperkirakan, kekuatan badai topan Dennis akan meningkat saat melewati wilayah Florida Keys dan Gulf Coast pada Ahad ini atau besok. Badai ini juga diprediksi akan menyebabkan turunnya hujan deras dan mengakibatkan munculnya gelombang pasang setinggi hampir dua meter.

Badai Dennis hingga kini telah menewaskan 32 orang dan memaksa sekitar setengah juta orang di Kuba mengungsi. Tak hanya itu, badai yang disertai angin kencang dan hujan deras merusak jaringan listrik dan menara komunikasi di tenggara Kuba [baca: Badai Dennis Menghantam Kuba dan AS].(ORS/Yes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini