Sukses

Syamsir Andili Wali Kota Ternate

Penetapan Andili oleh KPU Ternate, Maluku Utara, mendapat pengawalan ketat sekitar 200 polisi. Sebelumnya hasil perhitungan suara mendapat protes dua pasangan yang kalah hingga berakhir rusuh.

Liputan6.com, Ternate: Komisi Pemilihan Umum Kota Ternate, Maluku Utara, menetapkan pasangan Syamsir Andili-Amas Dinsie sebagai wali kota dan wakil wali kota terpilih. Penetapan ini mendapat pengawalan ketat sekitar 200 polisi. Sebab, sebelumnya hasil perhitungan suara mendapat protes dua pasangan yang kalah. Aksi ini sempat berakhir rusuh [baca: Memprotes Hasil Pilkada Ternate Berakhir Rusuh].

Pasangan Syamsir Andili-Amas Dinsie memperoleh suara terbanyak sekitar 38 ribu suara. Tempat kedua diduduki pasangan Nita Budi Susanti dan Sidik Dero Siokona dengan 22 ribu suara. Sementara pasangan Sujud Sirajudin dan Rustam Konoras memperoleh 11 ribu suara. Bagi pihak-pihak yang merasa dirugikan, KPU Ternate memberikan kesempatan selama tiga hari untuk menyampaikan keberatan sebelum penetapan itu dinyatakan definitif.

Sementara di Gresik, Jawa Timur, massa pendukung salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati menduduki Kantor KPU setempat. Pendudukan berlangsung sejak kemarin malam [baca: Tim Sukses Mempermasalahkan Selisih Suara di Gresik]. Massa memprotes sikap KPU yang terus melakukan rekapitulasi perolehan suara. Padahal, ada perbedaan versi antara jumlah yang dihitung KPU dan hasil di lapangan khusus untuk Kecamatan Manyar.(AWD/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini