Sukses

Dari Kerang Omzet Besar Diraih

Kemampuan mengolah hasil laut, seperti kerang membuat seorang perajin dapat memetik untung besar. Wawan, perajin asal Tasikmalaya, Jabar, sukses mengubah kerang menjadi barang-barang bernilai seni dan berharga tinggi.

Liputan6.com, Tasikmalaya: Hampir semua benda laut dapat diubah jadi uang. Begitu pula hasil laut, berupa kerang. Kemampuan mengolah hasil laut membuat seorang perajin dapat memetik untung besar. Ini dialami Wawan, pengusaha asal Tasikmalaya, Jawa Barat. Dengan ketekunan dan keuletan, Wawan dapat mengolah kerang menjadi aneka kerajinan yang bernilai seni dan berharga tinggi.

Kepada SCTV, baru-baru ini, Wawan mengaku, tak sulit membuat barang-barang kerajinan berbahan kerang. Hanya dibutuhkan waktu sepekan untuk memproses kerang itu menjadi aneka hiasan. Namun, sebelumnya kerang dan hasil laut lainnya diawetkan terlebih dahulu menggunakan bahan kimia dan selanjutnya diberi corak-corak yang menarik. Misalnya tirai, hiasan dinding, dan bingkai foto. Bahan baku biasanya didatangkan dari Pantai Pangandaran (Jabar), Lombok (Nusatenggara Barat), dan Bali.

Wawan mengungkapkan, harga produk kerajinannya cukup relatif, yakni sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 500 ribu. Untuk memasarkan hasil kerajinannya, hampir setiap bulan selalu mengikuti kegiatan pameran di sejumlah pertokoan di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Karena rutin mengikuti pameran, konsumen kian kenal hasil kerajinan kerang miliknya. Tak heran, Wawan mengaku, mampu memperoleh omzet per bulan Rp 15 juta.(ORS/Winny Arnold dan Noviar Jamal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini