Sukses

Ribuan Warga Depok Belum Terdaftar Sebagai Pemilih

Ribuan warga yang berdomisili di Tugu Cimanggis, Pancoran Emas, dan Stasiun Depok, Jabar, belum terdaftar sebagai pemilih untuk pilkada pada 21 Juni mendatang. Ada pemilih terdaftar yang sudah meninggal.

Liputan6.com, Depok: Ribuan warga Depok, Jawa Barat, terancam tak dapat menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan wali kota Depok pada 21 Juni mendatang. Soalnya, mereka belum terdaftar di Panitia Pemilihan Kecamatan maupun Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara setempat. Hal itu dinyatakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera Kota Depok Prihandoko saat mendatangi Komisi Pemilihan Umum Depok, Selasa (14/6).

Prihandoko yang datang bersama Nurmahmudi Ismail serta jajaran PKS setempat diterima anggota KPU, Amin Nurdin. DPD PKS Depok menyerahkan bukti 6.000 calon pemilih di Kelurahan Tugu Cimanggis, Depok, yang sampai kini belum terdaftar sebagai calon pemilih. Hal serupa terjadi di daerah Pancoran Mas dan sekitar Stasiun Depok. PKS juga menemukan kejanggalan, ada pemilih yang didaftar. Namun, orang itu telah meninggal dua tahun silam.

Amin Nurdin berjanji akan melanjutkan laporan PKS ke rapat internal KPU Depok. Nurmahmudi Ismail yang menjadi kandidat wali kota Depok meminta KPU segera menindaklanjuti laporan PKS [baca: Nurmahmudi Ismail Calon Walikota Depok]. Nurmahmudi mengancam akan mengambil langkah hukum jika KPUD mengabaikan laporan itu.

Kampanye pemilihan kepala daerah di wilayah lain juga diwarnai sejumlah pelanggaran. Di Bantul, Yogyakarta, kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Idham Samawi-Sumarno dihadiri ratusan anak yang menggunakan berbagai atribut kampanye. Hal itu terlihat saat pasangan ini menggelar rapat umum di Lapangan Trirenggo, Bantul. Kehadiran anak-anak termasuk dalam pelanggaran kampanye.

Pelanggaran juga mengawali kampanye perdana calon bupati dan wakil bupati Imran-Sutoarjo di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Sejumlah pegawai negeri sipil dan anak-anak kecil dikerahkan dalam kampanye. Pasangan Imran-Sutoarjo berjanji akan membenahi gedung sekolah yang rusak dan penambahan guru.

Di Solo, Jawa Tengah, kampanye yang digelar pasangan Joko Widodo-FX Hadi Rudiyatmo dimeriahkan konvoi kendaraan bermotor oleh pendukung. KPU Solo akan memberikan teguran tertulis kepada tim kampanye pasangan ini.

Sedangkan di Jayapura, Papua, kandidat wali kota dan wakil wali kota Musa Jan Youwe dan Nuralam memanfaatkan kampanye terbuka dengan mendatangi pasar tradisional di Abepura. Mereka yakin daerah ini akan menjadi kantong suara terbesar untuk memenangkan pilkada yang akan digelar pada 27 Juni nanti.

Di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, penyampaian visi dan misi para calon gubernur dan wakil gubernur digelar dalam Sidang Paripurna DPRD setempat. Penyampaian visi dan misi ini menandai pembukaan masa kampanye para calon peserta pilkada 2005.

Tiga kandidat pasangan gubernur dan wakil gubernur Kepulauan Riau juga menyampaikan visi dan misi di Rapat Paripurna DPRD setempat. Walau agak tegang, para calon tampak tenang memaparkan visi dan misi. Sedangkan pengamanan di luar Gedung DPRD berjalan normal dan tak ada pengerahan pasukan.

Lain lagi dengan kampanye pertama Christian Rotok, salah satu calon bupati Manggarai, Nusatenggara Timur. Christian mengawalinya dengan rapat umum di sebuah lapangan yang dihadiri ribuan orang. Pilkada di kabupaten ini akan berlangsung pada 27 Juni mendatang.(MAK/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini