Bungker Peninggalan Belanda Ditemukan

  • Daerah
  • 0
  • 06 Jun 2005 08:41

060605aBungker.jpg
Liputan6.com, Sawahlunto: Benda maupun bangunan historis memang kerap ditemukan berdasarkan keterangan pelaku dan saksi sejarah. Di Kota Sawahlunto, Sumatra Barat, contohnya. Belum lama berselang, warga yang bernama Mohamad Kasim mengungkapkan ada bungker di bawah Masjid Agung Kota Sawahlunto.

Menurut Kosim yang juga pelaku sejarah ini, di pusat Kota Sawahlunto memang terdapat sejumlah terowongan dan ruang bawah peninggalan Belanda. Salah satunya berada di bawah bangunan Masjid Agung Sawahlunto.

Keterangan Kosim ini langsung ditindaklanjuti Pemerintah Kota Sawalunto dengan menerjunkan sebuah tim. Setelah digali, tim tersebut menemukan sejumlah ruangan di dalam tanah yang disekat-sekat mirip kamar. Di dalam ruangan itu didapati sejumlah amunisi yang sudah berkarat. Antara lain selongsong bom, magasin, dan granat tangan. Diduga, bungker ini merupakan gudang persenjataan sekaligus tempat pertahanan tentara Belanda.

Kepala Kepolisian Sektor Kota Sawahlunto Inspektur Satu Yuhirza Yunus mengatakan, sebagian besar amunisi itu sudah tidak aktif lagi. Namun untuk mengangkat amunisi itu keluar bungker secara aman, pihaknya telah meminta bantuan Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Kepolisian Daerah Sumbar.

Yuhirza menambahkan, untuk sementara penelusuran seluruh ruangan bungker oleh tim penggalian dihentikan. Penghentian dilakukan sampai amunisi yang jumlahnya cukup banyak itu dibersihkan dari lantai ruangan bawah tanah tersebut.(ANS/Denni Risman dan Arsed Kusnadi)
Terpopuler