Sukses

Wapres: Hasil Perundingan GAM-Indonesia Positif

Wapres Jusuf Kalla mengatakan, Indonesia maupun Gerakan Aceh Merdeka saling memahami posisi. Segala hasil perundingan selalu ditempatkan dalam kerangka NKRI. Pertemuan formal diadakan Agustus 2005.

Liputan6.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengemukakan, perundingan antara Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Helsinki, Finlandia menunjukkan perkembangan positif. Hampir semua isu pokok disepahami kedua belah pihak termasuk persetujuan GAM berada dalam kerangka NKRI. Formalisasi hasil perundingan keempat itu kemungkinan dibahas dalam satu kali pertemuan informal lagi dengan GAM.

Wapres Kalla kepada pers di Jakarta, Selasa (31/5), menambahkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Hamid Awaluddin masih akan tinggal satu atau dua hari di Helsinki untuk menyusun draf hasil pertemuan [baca: Uni Eropa Memantau Perundingan di Helsinki]. Setelah disusun kedua belah pihak akan mengadakan pertemuan formal sekaligus menandatangani draf itu. Menurut Kalla, pertemuan formal akan diadakan paling tidak Agustus 2005.(KEN/Miko Toro dan Hengki Rahman)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.