Sukses

Keributan Kecil Mewarnai Pembukaan Rakerda Golkar Sulbar

Puluhan orang dari HMI dan PMII Sulbar berunjuk rasa ketika Wapres yang juga Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla memberikan sambutan pembukaan. Mahasiswa mendesak pemerintah menuntaskan sejumlah kasus korupsi.

Liputan6.com, Polewali: Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Partai Golongan Karya Sulawesi Barat di Polewali, Sabtu (28/5), diwarnai aksi protes sejumlah mahasiswa dari dua lembaga. Mereka berniat menyampaikan aspirasinya kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla yang datang untuk meresmikan rakerda. Kalla yang ketua umum partai beringin langsung menutup sambutannya dan meninggalkan acara untuk bertolak ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Insiden itu berawal dari aksi puluhan orang dari Himpunan Mahasiswa Islam dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sulbar yang menggelar aksi protes. Dalam pernyataan sikapnya, mahasiswa mendesak pemerintah untuk segera menuntaskan indikasi korupsi atas temuan Badan Pemeriksa Keuangan yang melibatkan banyak kandidat bupati di wilayah Sulbar [baca: Ketua DPRD Mamuju Dituntut Mundur].

Demonstran berusaha memasuki ruang rakerda dengan niat bertemu Kalla. Aksi itu dihadang kader Golkar. Ratusan personel polisi yang disiagakan juga berusaha menghalau para pengunjuk rasa yang berusaha menerobos ke lokasi rakerda. Tak cukup itu, Satuan Tugas Partai Golkar pun ikut-ikutan menghadang mahasiswa. Ketegangan pun terjadi. Aksi saling dorong tak terhindarkan. Namun bentrokan besar berhasil dicegah karena dilerai polisi. Polisi menahan seorang kader Golkar yang diduga menjadi pemicu keributan.(DEN/Edy Junaedi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini