Sukses

Kiai Sepuh Bertemu Pengurus PKB Alwi Shihab

Perseteruan di PKB semakin runcing. Ini dibuktikan dengan digelarnya Mukernas PKB versi Alwi Shihab dan Munas Alim Ulama di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, yang digelar mulai Sabtu ini.

Liputan6.com, Surabaya: Sejumlah kiai sepuh dan muda menggelar pertemuan dengan pengurus PKB versi Alwi Shihab di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (27/5) malam. Pertemuan itu digelar menjelang Musyawarah Kerja Nasional PKB Musyawarah Nasional Alim Ulama di tempat yang sama, besok.

Pertemuan tadi malam, dihadiri sejumlah kiai khos antara lain Kiai Haji Munawir (Krapyak, Yogyakarta), Muhaiminan (Jawa Tengah), Ma`ruf (Banten) dan Subadar (Pasuruan, Jatim). Dari PKB tampak hadir Ketua Umum Alwi Shihab dan Sekretaris Jenderal Saifullah Yusuf.

Menurut K.H. Ubaidillah Faqih, mukernas dan pertemuan ulama digelar untuk membahas perpecahan di PKB. Dalam pandangan pengasuh Pondok Pesantren Langitan, Tuban, Jatim tersebut, PKB sudah keluar jalur. "Seharusnya suara dominan yang dipatuhi," kata Ubaidillah.

Ketua Dewan Syuro PKB hasil kongres di Semarang, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, menyatakan pertemuan di Surabaya, 28-29 Mei 2005, adalah tidak sah. Dengan alasan ini, Gus Dur dipastikan tidak akan menghadiri pertemuan di Surabaya [baca: Gus Dur: Mukernas Surabaya Tidak Sah].(YYT/Benny Christian dan John Lempo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.