Sukses

Pilkada Langsung Diakui Rawan Konflik

Menteri Dalam Negeri M. Ma`ruf mengatakan kerawanan dalam pemilihan kepala daerah langsung terjadi di hampir semua tahapan. KPU setempat diwanti-wanti bersikap netral untuk mencegah konflik.

Liputan6.com, Serang: Menteri Dalam Negeri M. Ma`ruf mengakui pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) langsung di Tanah Air rawan konflik. Potensi kerawanan berada di semua tahapan, mulai dari pendaftaran para calon peserta, kampanye, hingga pelantikan pasangan terpilih. Hal ini diungkapkan Ma`ruf saat meninjau pelaksanaan kampanye pilkada di Serang, Banten, Jumat (20/50).

Memang, berbagai kasus menyeruak dalam pelaksanaan pilkada langsung yang pertama kali digelar di Indonesia ini. Konflik muncul karena tidak semua peserta pilkada memahami aturan. Ditambah lagi, tak sedikit partai politik yang bereaksi negatif bila calonnya ditolak serta kasus pencalonan ganda. Karena itu, Komisi Pemilihan Umum harus benar-benar bersikap netral sehingga bisa mengurangi dan bahkan mencegah konflik [baca: Mendagri Optimistis Pilkada Tepat Waktu].(ZIZ/Rosianna Silalahi dan Agus Feisal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini