Sukses

Calon Kepala Daerah Diminta Siap Kalah

Ketua DPR Agung Laksono mengimbau para calon kepala daerah berbesar hati bila kalah atau tak terpilih dalam pilkada Juni mendatang. Pemerintah telah membagi 226 daerah pemilihan ke dalam tiga golongan.

Liputan6.com, Jakarta: Ketua DPR Agung Laksono mengimbau para calon kepala daerah berbesar hati bila kalah atau tak terpilih dalam pemilihan kepala daerah Juni mendatang. Imbauan ini dilakukan untuk menghindari terjadinya gesekan di tingkat massa akar rumput pada penyelenggaraan pilkada di daerah konflik. Imbauan ini diungkapkan Agung di Jakarta, Rabu (18/5).

Sejauh ini, pemerintah telah membagi 226 daerah pemilihan ke dalam tiga golongan, yaitu daerah normal, bencana alam, dan konflik. Wilayah yang dikategorikan sebagai daerah konflik, di antaranya Nanggroe Aceh Darussalam, Papua, dan Maluku. Khusus untuk pengamanan di daerah konflik, peranan masyarakat setempat sangatlah penting untuk menunjang pengamanan yang dilakukan TNI dan Polri.

Di Provinsi Sumatra Barat, pelaksanaan pilkada bupati Padang Pariaman yang akan dilaksanakan serentak dengan pilkada gubernur Sumbar 27 Juni mendatang terancam gagal. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum setempat mengusulkan penundaan tahapan pilkada bupati Padang Pariaman dengan alasan kondisi di sana tak kondusif.

Penundaan ini sendiri menjadi solusi dari memanasnya suhu politik di Kabupaten Padang Pariaman setelah massa pendukung salah satu calon yang dicoret menyegel Kantor KPU setempat, beberapa waktu silam [baca: Kantor KPU Padang Pariaman Disegel Massa]. Massa meminta tahapan pilkada diulang serta anggota KPU dibubarkan. Tuntutan mereka itu kemudian didukung DPRD setempat. Buntutnya, KPU menunda tahapan pilkada di sana. Tapi, KPU menolak membatalkan penetapan empat pasang calon bupati.(ORS/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini