Sukses

Arca Kepala Ganesha Ditemukan di Magelang

Arca berbentuk kepala gajah ditemukan warga di Desa Mantingan, Kecamatan Salam, Magelang, Jateng. Berdasarkan peta Candi Mantingan, lokasi penemuan kepala Ganesha ini berada di pintu keluar candi.

Liputan6.com, Magelang: Sebuah arca berbentuk kepala gajah ditemukan warga di Dusun Mantingan, Desa Mantingan, Kecamatan Salam, Magelang, Jawa Tengah, baru-baru ini. Diduga, arca itu dari patung Ganesha yang merupakan bagian dari situs Candi Mantingan yang telah hilang.

Arca ini ditemukan di bekas kandang sapi milik Rohmad Mardi. Saat itu, warga setempat sedang bergotong royong membuat pondasi rumah Rohmad. Ketika galian salah seorang warga sudah mencapai kedalaman 1,5 meter, cangkulnya membentur sebuah benda keras. Menurut seorang warga, setelah galian diperiksa ternyata benda keras itu adalah arca. Peninggalan purbakala ini berukuran lebar 80 sentimeter dan tinggi 100 sentimeter.

Dari denah Candi Mantingan, lokasi rumah Rohmad ini bertepatan dengan lokasi pintu keluar. Diperkirakan, usia candi itu lebih tua dari Candi Borobudur berdasarkan Prasasti Canggal yang dibuat sekitar abad VII Masehi. Dugaan ini dikuatkan penemuan sejumlah bagian candi di lokasi perbukitan yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari rumah Rohmad.(ZIZ/Wiwik Susilo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini