Sukses

Pilkada Dikhawatirkan Memicu Kerawanan Politik

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan akan muncul gangguan stabilitas keamanan dan sosial politik pada pelaksanaan pilkada. Kondisi ini berpotensi mengganggu stabilitas negara.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta pimpinan DPRD se-Indonesia untuk mengamati berbagai perkembangan menjelang pemilihan kepala daerah secara langsung. Ini dilakukan karena akan muncul gangguan stabilitas keamanan dan sosial politik pada pelaksanaan pilkada. Demikian diungkapkan Presiden SBY dalam pertemuan dengan para pimpinan DPRD di Jakarta, Selasa (3/5).

Menurut SBY, proses pilkada di sejumlah daerah telah memasuki tahap seleksi calon kandidat. Seiring hal itu, suhu politik ikut memanas karena kurang siapnya Komisi Pemilihan Umum dan pemerintah daerah setempat. Di sejumlah daerah, proses ini bahkan diwarnai berbagai aksi protes dari calon kandidat yang tak lolos seleksi KPU.

Selain itu, berbagai pelanggaran mulai terjadi, seperti pencurian start kampanye. Padahal, masa kampanye belum dimulai. Kondisi ini berpotensi memunculkan konflik yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan sosial politik di Tanah Air [baca: Wali Kota Manado Mencuri Start Kampanye].(TOZ/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini