Sukses

Status Gunung Soputan dan Lokon Masih Waspada

Seismograf pemantau gunung mencatat 15 sampai 20 kali gempa kecil sering terjadi di Gunung Lokon, Tomohon, Sulut. Gemuruh dari kawah Gunung Soputan masih terdengar meski pijaran api dari kawahnya menghilang.

Liputan6.com, Tomohon: Aktivitas dua gunung di Sulawesi Utara, belum menunjukkan penurunan. Sedikitnya 15 sampai 20 kali gempa kecil masih terjadi di Gunung Lokon, Tomohon, setiap hari. Sementara bunyi gemuruh terdengar di Gunung Soputan, Kabupaten Minahasa Selatan, meski pijaran api dari kawahnya mulai hilang. Karena itulah, status kedua gunung tetap Waspada. Demikian keterangan dari petugas gunung di Sulut, Sabtu (23/4).

Kegiatan tidak normal dari Gunung Soputan dan Gunung Lokon terjadi sejak Senin silam. Ketidakbiasaan itu diawali dengan tingginya intensitas gempa di Gunung Lokon dan muntahan lahar dari Gunung Soputan [baca: Gunung Lokon Berstatus Waspada]. Sejauh ini, aktivitas magma di kedua perut gunung itu dinilai masih tinggi. Namun, warga setempat yang umumnya petani tetap bekerja seperti biasa.(KEN/Aldrien Arief)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini